Jelaskan apa itu Technical Support? Bagaimana jobdesk yang dijalankan? Kualifikasi minimal apa saja untuk meduduki posisi tersebut?

Technical Support atau dukungan teknis adalah layanan yang diberikan perusahaan (terutama di bidang IT) untuk membantu customer dalam hal konfigurasi, pemakaian dan troubleshooting. Secara umum, dukungan teknis diberikan dalam bentuk email, tiket, SMS, chat, website, dan telepon. Beberapa perusahaan maju dan berkembang biasanya mengkasifikasikan dukungan teknis ke dalam beberapa tingkatan (biasanya 3 tingkatan). Inilah yang disebut dengan multi-tier technical support. Masing-masing tingkatan punya tugas dan tanggung jawab sendiri-sendiri sehingga tugas dan tanggungjawab yang dibebankan bisa didelegasikan dengan baik dan pelayanan kepada customer bisa lebih maksimal.

Job desk :

Menghubungkan perangkat keras. (ANTA: ICAITS014B)
• Melakukan instalasi Microsoft Windows
• Melakukan instalasi Linux
• Mencari sumber kesalahan di jaringan dan memperbaikinya. (ANTA: ICAITS122A)
• Penggunaan perangkat lunak Internet berbasis Windows seperti Internet Explorer, telnet, ftp, IRC.
• Pasang dan konfigurasi mail server, ftp server, web server

kualifikasi minimal :

memiliki pengetahuan umum tentang produk yang ditangani seperti instalasi dan konfigurasi standar. 

memiliki pengetahuan lebih lanjut dan sertifikasi khusus dalam penanganan teknis 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MENGUKUR PRESENTASE TINGKAT KEMIRIPAN (PLAGIATRISME)

Apa itu LSP? Kenapa LSP dibentuk oleh pemerintah?

Penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) untuk Sistem Informasi